LUNTURNYA PERADAPAN NEGERI




Banyak orang berbicara tentang peradaban, baik kalangan para lembaga pendidikan, baik doktor, profesor, dosen, maupun para pendidik, saat ini menjadi berbincangan yang mencolok merasa pintar dan tahu arahnya peradaban,
Akan tetapi, setelah aku amati betul, mereka cuma pinter ngomong doank, hanya sekedar teori saja.

Berbagai macam lembaga dan institusi pendidikan sudah aku amati dan aku telusuri keberadaannya, sejauh mana lembaga pendidikan mengetahui dan mamahami kata "Peradaban", ternyata mereka hanya berfikir peradaban itu bisa memajukan negri, orang yang mengharumkan negri, itu saja kok jawabny, gak lebih.

Ohya temen2, aku bukan sok tipe orang yang tahu, aku bukan sok pandai dalam masalah peradaban,aku hanya anak ingusan yang kebetulan sekolahnya agak kadaluarsa, artinya katakanlah gak sekolah formal.aku hanya ingin ayo kita mengkaji kembali tentang peradaban.

Menurut pemaham saya kata Peradaban, berasal dari bahasa arab, kalimat ADAB, artinya "Toto kromo" terus di indonesiakan, dengan di tambahi dengan kalimat Per dan an,
jadi membangun Peradaban adalah menjaga toto kromo, sopan-santun, unggah-ungguh, keramah tamahan, dan menjunjung tinggi sifat keluhuran budi di dalam masyarakat.
jadi intinya ini adalah pas dengan apa yang terkandung dlam kitab "Taklimul-Muta'allim".

###########
Jogjakarta / Sabtu / 7 / November / 2015
Lek son.

0 Response to "LUNTURNYA PERADAPAN NEGERI"

Post a Comment