SELAYANG PANDANG SANTRI KONYOL


Sebenernya santri adalah mempunyai sejarah yang sangat panjang sekali, Orang luar pesantren, artinya orang yang gak suka dengan pendidikan pesantren menuduh, berbagai macem, bahkan menuduh adalah lembaga yang primitif, yang tidak bisa di ajak kompromi, terutama kalangan para pejabat dan akademisi.

Padahal hampir seluruh lembaga formal pada dasarnya menjiplak sistem aturan pesantren, baik metodenya, maupun cara penyampaiannya. hanya saja di rubah nama supaya tidak kelihatan menjiplak, sepeti Bording Scool, atau palah pokoknya bahasa englis, biar agak keren sedikit, kan gak kelihatan jiplaknya.

Kalau kita menengok ke belakang, bahwa pada masa pra penjajahan, satu-satunya lembaga pendidikan di indonesia adalah lembaga pesantren, sementara khusus santri yang sudah dewasa dan sudah berkeluarga di sebut SR (sekolah Rakyat), begitulah para Ulama' mengemas dengan bahasa halus, akan tetapi metode, sistem pembelajaran dan study nya tetep menggunakan metode ilmu pesantren yaitu ilmu agama.

Seandainya di indonesia tidak ada pesantren, mungkin masih di belenggu rante penjajah, karena satu-satunya pemuda yang berani melawan penjajah pada masa itu adalah kaum Ulama' dan pemuda santri, bukan mahasiswa, bukan sarjana dan bukan profesor maupun doktor.

Coba bayangakan dan coba cek seluruh negara, adakah ada sebanyak lembaga pesantren seperti di indonesia? .........
masihkah kita menuduh pesantren yang aneh2,

Insya allah, suatu saat Santi Konyol membuka sejarahnya tentang sepak terjang pendidikan pesantren, biar gamblang semua, jangan anggap remeh dengan santri yang tidak mempunyai gelar sarjana, santri konyol akan belajar sampe tua, hingga akan melahap study yang di banggakan oleh kampus ternama, santri konyol akan melumat habis-habisan pemikiran para dosen dan para doktor seluruh di universitas, yang selalu sok bangga diri, kami akan mengibarkan bendera optimis, demi generasi ke generasi.

Maaf! bukan kami sombong terhadap pemikiran mereka, tapi kami sudah capek dengan teori-teori para dosen dan para doktor yang selalu menggemborkan kata-kata nyelekit, dengan menyebut lembaga pesantran gudangnya bid'ah, Syirik, mengajarkan yang tidak syar'i, ungkapnya. Bahkan ada sekelompok aktivis wahabi atau lebih jelasnya tarbiyah salafi  juga demikan. Sering membid'ahkan amalan orang santri. Sperti tahlilan dll.


semoga ini menjadi inspirasi filosofi bagi saya dan pembaca.
Salam dunia baru SANTRI KONYOL

$$$$$$$$$$$$$$$$
Jogjakarta / Senin / 16 / November / 2015
Lek son